Senin, 15 April 2013

TANGGAPAN "KELANGKAAN AIR BERSIH AKIBAT KERUSAKAN SUMBER DAYA ALAM"

Studi Kasus
Lebih dari sepertiga penduduk dunia tak tercukupi kebutuhannya akan air bersih, baik untuk air minum maupun sanitasi. WHO menetapkan jumlah minimun air bersih yang harus tersedia untuk hidup sehat adalah 2000 m3 per orang per tahun. Sekitar 40 negara di dunia ada di bawah angka tersebut. Wilayah Indonesia sendiri  juga mengalami kondisi  kekurangan air, khususnya daerah di pulau Jawa. Data dari data Bappenas tahun 2006, pulau jawa berada dalam kondisi kritis air. Jakarta merupakan salah satu kota yang tidak dapat memenuhi ketersediaan air bersih untuk warganya. Dari 13 sungai yang mengalir di Jakarta, tidak ada satupun yang dapat dikonsumsi sebagai air bersih. Satu-satunya sumber air bersih di Jakarta adalah Waduk Jati Luhur.

Tanggapan
Menurut saya permasalahan mengenai sumber air bersih diindonesia sangatlah bagus. Dengan demikian masyarakat Indonesia wajib menghargai air bersih dan menggunakan air tersebut dengan baik (secukupnya). Oleh karena itu masyarakt harus mencintai lingkungan sekitar, karena banyaknya sumber air di indonesia di pergunakan dengan tidak wajar, contohnya dalam penggunaan air yg berlebihan dan tidak menjaga lingkungan (resapan air). Sehingga kelangkaan air sangat besar terjadi khususnya di bagian wilayah Indonesia yang sering terjadi permasalahn sumber air karena kekeringan. Hutan-hutan resapan air di habiskan oleh segelintir org yang tak memikirkan lingkungan sekitar hanya demi keuntungan semata dan mengakibatkan daerah sekitarnya mengalami kelangkaan air. Bukan hanya itu bnyaknya waduk sebagai tempat penyimpanan dan sumber air tidak di pelihara dengan baik, bukan hanya cukup satu waduk untuk mengalirkan sumber air di wilayah tersebut, namun pemakainya jga harus memikirkan dan menggunakan air secukupnya. Berdasarkan hal berikut kemungkinan-kemungkinan dibwah ini tidak akan terjadi, seperti :
a.       Meningkatnya kebutuhan dan permintaan akibat meningkatnya jumlah populasi manusia.
b.      Meningkatnya pencemaran air. 
c.       Berkurangnya air tanah.
d.      Penggundulan Hutan. 
Oleh karena itu pahami dan hindarilah hal-hal dibwah ini agar kelangkaan air bersih dapat diminimalisir dengan sangat baik:
a.       Mengatur pemanfaatan air tanah yang disertai dengan pengawasan yang ketat.
b.      Pemberian surat IMB (Izin Mendirikan Bangunan) harus di sertai dengan kewajiban   penyediaan lahan terbuka, dan kewajiban memperbaiki kualitas dan mengembalikan tata guna air sesuai dengan pemanfaatan.
c.       Setiap bangunan di wajibkan membuat sumur resapan sehingga dapat meningkatkan cadangan air.
d.      Menanam pohon sebanyak-banyaknya, atau melakukan reboisasi di hutan-hutang yang gundul.
e.       Tidak membuang sampah sembarangan.
f.       Menghemat pemanfaatan air bersih. 

Tidak ada komentar: